Istilah-istilah Seputar Hosting & Domain

Assalamualaikum apa kabar Kawan ? semoga dalam keadaan baik, Alhamdulillah ini adalah postingan artikel pertama saya di website asawebpro.com ini. Pertama saya akan membahas istilah-istilah seputar hosting dan domain karena ini berhubungan dengan Jasa Pembuatan Website yang menjadi jasa utama di ASAWEBPRO ini.

Yuk mari kita simak bersama beberapa istilah di dunia Hosting, Domain dan Website.

Hosting

Hosting adalah tempat untuk menyimpan semua file-file website, secara fisik hosting adalah sebuah komputer server yang terhubung dengan internet dan bisa diakses kapanpun dan dari manapun. Terdapat banyak sekali penyedia hosting di dunia, di Indonesia sendiri sudah banyak provider-provider hosting yang bisa kita sewa dengan harga yang sangat terjangkau, salah satu langganan saya adalah Domainesia, kamu bisa sewa hosting di sana melalui link di bawah ini :

DomaiNesia

Domain

Domain adalah nama website unik yang mempunyai akhiran ektensi seperti .COM .NET .CO.ID, dll. Domain sendiri berfungsi untuk mempermudah orang untuk membuka dan mengunjungi sebuah website pada browser internet karena orang hanya tinggal mengetikkan alamat websitenya, misal : www.asakomputer.com atau www.asawebpro.com pada address bar di browser internet Chrome atau Firefox.

TLD

TLD adalah kepanjangan dari Top Level Domain, adalah sebuah ektensi domain yang paling populer dan banyak orang gunakan, beberapa ektensi yang masuk ke dalam TLD adalah : *.COM *.NET *.ORG *.INFO, dll. Selain TLD ada jenis domain yang masuk ke dalam kelompok Domain Negara, misalnya Indonesia, di Indonesia sendiri Ekstensi yang mewakilinya adalah *.ID, *.CO.ID *.MY.ID *.GO.ID, dan sebagainya.

SSD Disk Space

Disk Space adalah Kapasitas penyimpanan dari sebuah Hosting, kita bisa memilih paket kapasitas mulai dari yang kecil hingga besar tergantung dari kebutuhan. Media penyimpanan Hosting sekarang rata-rata sudah menggunakan SSD karena performa kecepatannya 10x lebih cepat dari pada HDD (Hardisk) meski Hardisk masih digunakan sebagai tempat menyimpan backup file-file yang ada di Hosting Utama.

Inodes

Inodes adalah istilah untuk berapa banyak (jumlah) file yang dapat tersimpan dalam sebuah akun Hosting. Umumnya provider Hosting membatasi penyimpanan file (inodes) dari 10.000 hingga 1.000.000 inodes pada satu akun hosting.

EP (Entry Processes)

EP singkatan dari Entry Proccesses, yaitu berapa banyak jumlah scripts website yang dapat di proses dalam satu waktu. Untuk kebutuhan bisnis saya menyarankan nilai EP minimal adalah 20.

IOPS

IOPS adalah singkatan dari Input Output Per Second yaitu kecepatan dari hosting dalam melakukan tranfer data baik data masuk dan data keluar dalam satu detik. IOPS ini akan mengatur jumlah proses upload dan download dalam 1 detik.

Panel Hosting

Panel Hosting adalah dashboard program yang berfungsi untuk mengelola semua yang ada di Hosting. Panel Hosting yang paling banyak orang gunakan adalah cPanel, meskipun ada beberapa panel hosting lain seperti Plesk, DirectAdmin, dll.

Bandwith

Bandwith adalah batasan lalu lintas data (traffic) dalam sebuah Hosting & semua website di dalamnya. Ada beberapa Provider yang membatasinya, tapi jangan khawatir, karena batasannya juga cukup besar, sekitar 100GB – Unlimited/Unmetered.

SSL / https:

SSL adalah Secure Socket Layer yang berfungsi mengamankan website dari para hacker. Dengan menggunakan SSL website akan lebih aman dan lebih profesional dan lebih disukai oleh Robot Indeks Google. Semua website garapan Asawebpro.com sudah menerapkan SSL pada semua websitenya.

Oke Kawan, sekian coretan tentang istilah-istilah seputar Hosting dan Domain, kalau ada tambahan lainnya akan saya edit dan update. Semoga bermanfaat

Salam
Asawebpro

Leave a Comment